Daftar Kedutaan Besar Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Republik Indonesia – Kerajaan Swedia

Hubungan diplomatik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Swedia bermula dengan ditandainya pembukaan Kantor Perwakilan Republik Indonesia yang pertama yang berbentuk kantor Legation pada tahun 1950. Kepala Perwakilan Republik Indonesia yang pertama di Swedia, adalah Dr. Z.A. Tamzil dengan gelar Minister yang mengepalai Legation untuk Swedia, Norwegia, dan Denmark pada tahun 1950 hingga tahun 1953. Dr. Tamzil menyerahkan Surat-surat Kepercayaan dari Presiden Soekarno kepada Raja Gustav V pada 25 Mei 1950.

Pada periode tersebut kantor Legation RI di Stockholm terletak di 47/V, Strandvägen dan terdiri dari staf: Sekretaris Pertama W.J.D. Pesik, Sekretaris Perdagangan Baron Sutadisastra, Atase Penerangan John Senduk, Atase Padmo Wirjono, dan Kanselir Hari Purwanto.

Presiden Soekarno mengadakan kunjungan ke Swedia pada tanggal 3 – 5 Mei 1959 dan pada waktu itu yang menjabat Duta Besar RI untuk Swedia adalah R.H. Tirtawinata.

Republik Indonesia – Republik Latvia

Hubungan diplomatik antara Pemenrintah Indonesia dengan Latvia ditandai dengan diberikannya akreditasi kepada Dubes H. Ibrahim Yassin sebagai Dubes Indonesia untuk Latvia (merangkap Swedia) pada tanggal 22 September 1993, dan Latvia merupakan negara pertama di kawasan Baltik yang menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia.

 

Sumber: indonesiskaambassaden.se


Layanan - Daftar Kedutaan Besar Indonesia

Layanan Publik - Instansi