BBLM - Balai Besar Logam dan Mesin

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah BBLM

Balai Besar Logam dan Mesin (BBLM) berdiri pada tahun 1969 berdasarkan SK Direktorat Jenderal Perindustrian Dasar No. 48 / Kpts. DD / Perdas, dengan nama Proyek Pusat Pengembangan Industri Pengerjaan Logam atau lebih dikenal dengan nama Metal Industries Development Center (MIDC).

Pada tanggal 9 Maret 1979 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian No. 45 / M / SK / 1979, proyek MIDC berubah status menjadi Balai Besar Logam dan Mesin, dan berada di bawah lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Departemen Perindustrian Republik Indonesia.  Ketika terjadi penggabungan antara Departemen Perindustrian dan Perdagangan tahun 2002, BBLM berada di bawah Direktorat Jenderal Industri dan Dagang Kecil Menengah (IDKM), lalu pada tahun 2005 BBLM kembali lagi berada di bawah BPPI sesuai dengan pemisahan kembali Departemen Perindustrian dan Departemen Perdagangan.

Saat ini BBLM berada di bawah naungan Badan Pengkajian Kebijakan, Iklim, dan Mutu Industri (BPKIMI) Kementerian Perindutrian Republik Indonesia.

Sejak pendiriannya, BBLM telah bekerjasama dengan Pemerintah Kerajaan Belgia (1969 – 1987), UNIDO (1975–1978), Pemerintah Republik Federal Jerman (1976), NIRIN (1995 – 2000) dan Japan International Cooperation Agency – JICA (1999 – 2004).   Saat ini kerja sama yang sedang dilaksanakan yaitu dengan Korea Institute of Materials Science (KIMS) hingga tahun 2015 dalam bidang penelitian dan pengembangan material engineering.

Tugas dan Fungsi BBLM

Tugas Pokok

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 44/MIND/PER/6/2006 tanggal 29 juni 2006, Balai Besar Logam dan Mesin mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan pengembangan industri logam dan pemesinan, penelitian terapan serta layanan pengujian, jasa keteknikan dan peningkatan SDM, sesuai dengan kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Badan Pengkajian Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri (BPKIMI).

Fungsi

  • Melaksanakan kerjasama dan pengembangan usaha, monitoring dan evaluasi serta konsultasi dan supervisi.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan, perancangan keteknikan, standarisasi proses dan produk serta teknologi informasi.
  • Melaksanakan alih teknologi, pengecoran logam, pemesinan dan perlakuan panas serta pengelasan dan pelapisan.
  • Melaksanakan penilaian dan kesesuaian, kalibrasi, pengujian dan inspeksi serta sertifikasi produk dan profesi.
  • Melaksanakan pelayanan teknis dan administrasi bagi semua unsur di lingkungan BBLM.

Kompetensi

  • Engineering design (mesin listrik & peralatan, peralatan pabrik & mesin perkakas, alat angkut dan industri telematika)
  • Pengembangan mesin pembangkit listrik : turbin air, uap dan gas kapasitas > 3 mw.
  • Pengembangan engine kendaraan bermotor roda empat.
  • Pengembangan PLC, untuk mesin dan perakitan pabrik.
  • Pengembangan mesin dan peralatan pabrik
  • Pembuatan bejana tekan kapasitas 5 ton/jam dengan tekanan 12 bar.

Visi dan Misi BBLM

VISI BBLM

BBLM menjadi lembaga litbang terkemuka di bidang design proses dan produk engineering.

MISI BBLM

  • Melakukan litbang terapan desain produk, material, proses dan kepastian mutu dibidang logam dan mesin.
  • Memberikan pelayanan teknis : konsultasi & supervisi, penilaian kesesuaian, pengembangan kompetensi SDM, sertifikasi produk, sertifikasi personil dan sistem manajemen mutu bagi industri logam dan mesin.
  • Penyebarluasan dan membantu penerapan teknologi di bidang logam dan mesin kepada masyarakat industri

Nilai

Tekun, jujur, berintegritas dan pelayanan prima

Motto

Hasil litbang dan pelayanan berkualitas

MAKLUMAT PELAYANAN BBLM

Dengan ini, kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan di bidang Pengujian, Kalibrasi, Sertifikasi, Pelatihan, Supervisi, Konsultansi serta Penelitian dan Pengembangan di bidang logam dan mesin sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan, dan kami siap menerima sanksi jika pelayanan kami tidak sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan.

 

Sumber : bblm.go.id


Layanan Publik - Instansi