KAJI - Komunitas Alumni Jepang di Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Apa itu KAJI?

KAJI (Komunitas Alumni Jepang di Indonesia) semula adalah Komunitas Alumni Mahasiswa-Mahasiswi Indonesia yang pernah belajar di Jepang (Akademi / Universitas), tetapi kemudian meluas mencakup siapa saja yang ada interconnect "Jepang - Indonesia", termasuk mahasiswa / alumni Jepang, "Kenshusei" yang pernah ikut training di Jepang dan Mahasiswa-Mahasiswi yang belajar sastra Jepang di Indonesia.

Saat ini Komunitas ini berupa komunitas online yang secara rutin berkomunikasi via milis: KAJI-kai@yahoogroups.com

KAJI adalah kumpulan generasi muda alumni Jepang yang dinamis, independen, non-partisan, yang suka menggunakan teknologi sebagai sarana untuk berinteraksi satu sama lain, tanpa memandang latar belakang usia, suku bangsa, ras, lokasi dan afiliasi politik. Wareware wa CHIKYUUJIN desu !!!

Dengan bermodalkan niat baik, KAJI berupaya berbuat sesuatu kebaikan untuk dirinya dan lingkungan sekitarnya.

Dalam kegiatannya, KAJI senantiasa bekerjasama dengan berbagai institusi, instansi dan komunitas lain dengan menjunjung tinggi azas kesetaraan dan saling membantu.

Viva KAJI !!!

KAJI BERKARAKTER, GOES GREEN &  GLOBAL NETWORKING
KAJI LINKS INDONESIA - JAPAN

Sejarah Berdirinya KAJI (History)

Sejarah berdirinya KAJI (Komunitas Alumni Jepang di Indonesia) dilatarbelakangi oleh dinamika yang terjadi di antara para alumnus Jepang yang dimulai dari kumpul-kumpul di "dunia maya" melalui wadah "milis" (mailing list): http://groups.yahoo.com/group/mhs-alumni-ppij/  yang didirikan pada tanggal 17 November 2009. Milis yang mana sejak 21 Maret 2010 telah berganti nama menjadi: http://groups.yahoo.com/group/KAJI-kai

Nama "KAJI" sendiri baru muncul dan terbentuk ketika acara "KOPI DARAT (KOPDAR)" pertama komunitas ini pada tanggal 23 Januari 2010 di Skyline Building Lantai 19 (Kantor JAC INDONESIA) yang dihadiri lebih dari 30 orang peserta dari berbagai alumni universitas di Jepang. Terima kasih yang tak terhingga kepada tuan rumah ibu Mariko Yoshihara Asmara yang telah berkenan menyediakan tempat, sehingga komunitas yang amat sangat dinamis ini dapat terbentuk.

Setelah melalui berbagai proses, tim ADHOC pun terbentuk, yang tugasnya adalah untuk merumuskan AD/ART KAJI. Dari hasil diskusi tim kecil tersebut, diputuskan agar syarat keanggotaan KAJI diperluas, yakni bukan hanya para alumnus berbagai universitas dan akademi di Jepang, tetapi mencakup juga siapa pun yang memiliki keterkaitan (inter-connect) antara Jepang - Indonesia, termasuk mahasiswa yang masih dalam proses belajar di Jepang, kenshuusei yang pernah training / magang / kerja di Jepang maupun yang masih mengikuti program training di Jepang, begitupula para mahasiswa dan alumni fakultas sastra Jepang di Indonesia.

Selain milis, saat ini KAJI telah memiliki website (http://www.kaji.or.id), Facebook Fans Pages (http://www.facebook.com/KAJIers) dan juga Facebook Groups sebagai sarana komunikasi di antara para anggota. Ketika KopDar yang kedua pada tanggal 20 Maret 2010 yang lalu, tercatat anggota KAJI ada 420 orang, baik yang berdomisili di Indonesia, Jepang, Malaysia dan negara lainnya.

Pada tanggal 17 April 2010, pada saat Adhoc Team Meeting, diputuskan nama KAJI dalam Bahasa Jepang yaitu ??????????? (Indonesia Nihon Doukoukai), diambil dari Pendapat kang Arnold, Maltech-Jepang. Hasil voting di milis tgl 13 April, urutan No. 8. Bahasa Inggrisnya adalah "Indonesia-Japan Alumni Community"...

Per tanggal 24 September 2012, anggota milis KAJI sudah berjumlah 1442 orang. Mudah-mudahan semua ini dapat memperbaiki networking KAJI menjadi lebih baik dan kuat di masa yang akan datang...

Maju terus KAJI dan Indonesiaku. Mari bersama-sama membuat SEJARAH....

 

Sumber: kaji.or.id


Layanan - KAJI - Komunitas Alumni Jepang di Indonesia

Layanan Publik - Instansi