BBKK - Balai Besar Kimia dan Kemasan

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Balai Besar Kimia dan Kemasan

Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK) merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan jasa teknis bidang kimia dan kemasan berupa litbang terapan, rancang bangun dan perekayasaan industri, pengujian, kalibrasi, sertifikasi produk, standardisasi, konsultansi dan pelatihan.

Secara struktural, saat ini BBKK berada di bawah Badan Pengembangan Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri(BPKIMI), Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, BBKK didukung dengan sarana dan prasarana yang meliputi lahan seluas 42.830 m2, bangunan seluas 8000 m2, laboratorium riset dan uji, laboratorium kalibrasi, workshop/bengkel, test house, SDM yang kompeten, jaminan mutu berupa status akreditasi dari KAN, KNAPP danTUV Rheinland, perpustakaan dan pusat informasi, wisma cempaka serta masjid.

Sejarah BBKK

Pada tahun 1938 Balai Besar Kimia dan Kemasan didirikan di Jakarta dengan nama Centrale Institute Technishe Onder Zoekingen (CITO). Kemudian sempat mengalami beberapa kali perubahan yaitu :

  • Balai Penyelidikan industri (1950)
  • Balai Penelitian industri (1960)
  • Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri kimia/BBIK (1980).
  • Pada Tahun 2002 berubah menjadi Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK),

Berlokasi di Pekayon Pasa Rebo, Jakarta Timur. Balai  Besar Kimia dan Kemasan (BBKK) merupakan unit pelaksana teknis di bawah naungan Badan Penelitian dan Pengembangan Industri dan Perdagangan, Departemen Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia. Berpotensi besar dalam mendukung pertumbuhan industri nasional guna memenuhi kebutuhan dalam negeri dan internasional.

Visi dan Misi

Visi :

Tahun 2020 Balai Besar Kimia dan Kemasan(BBKK) menjadi institusi terkemuka di Indonesia dalam pelayanan jasa teknis bidang kimia dan kemasan.

Misi :

  • Melakukan litbang terapan dan standardisasi bagi industri di bidang kimia dan kemasan yang berwawasan lingkungan.
  • Memberikan jasa layanan teknis di bidang litbang terapan, rancang bangun dan perekayasaan industri, pengujian, kalibrasi, standardisasi, sertifikasi dan konsultansi serta pelatihan secara professional sesuai dengan kebutuhan pasar.
  • Menyediakan informasi teknologi di bidang industri kimia dan kemasan.

 

Sumber : bbkk.kemenperin.go.id