Daftar Alamat Pengadilan Agama Seluruh Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

SEJARAH SINGKAT JAKARTA

Dari berbagai sumber menjelaskan bahwa Jakarta dahulu adalah sebuah bandar pelabuhan internasional yang terletak di kawasan muara sungai Ciliwung yang saat itu terkenal dengan nama Pelabuhan Kalapa di bawah kekuasaan Prabu Sunda Padjadjaran. Bandar yang kemudian masyhur dengan nama Sunda Kalapa ini merupakan jalur pelayaran penting di Asia Tenggara dan nusantara dari Timur Tengah dan Asia melalui Pattani – Darussalam – Samudera Pasai – Malaka – Palembang – Banten – Kalapa – Cirebon – Demak dan Jawa Timur.

Ketika Portugis pada tahun 1511 menguasai Malaka dan pada tahun 1512 menguasai Samudera Pasai, mereka berhasil mengadakan perjanjian dagang dengan Adipati Kalapa, bahkan kemudian menguasainya. Para pedagang Bandar Kalapa yang merasa terdesak meminta perlindungan kepada Sultan Trenggono Demak, maka dikirimlah pasukan gabungan Kerajaan Demak dan Kasultanan Cirebon di bawah panglima Fatahillah untuk membebaskan Kadipaten Kalapa. Portugis menyerah pada tanggal 22 Juni 1527 dan kekuasaan atas Kalapa diambil alih oleh Demak. Oleh Panglima Fatahillah nama Kalapa diubah menjadi Jayakarta dengan status Kadipaten di bawah Kesultanan Banten. Tanggal peristiwa ini kemudian oleh Dewan Perwakilan Rakyat Kota Sementara melalui Keputusannya Nomor 6/D/K/1956 ditetapkan sebagai hari jadi Kota Jakarta.

Jayakarta seiring berjalannya waktu berubah menjadi bandar yang bernuansa Islami yang sangat maju dan berjaya selama hampir satu abad hingga datangnya Koloni Belanda berbendera VOC di bawah komando Jean Pieterszoon Coen yang menjajah, membumi-hanguskan, memusnahkan, serta meluluhlantakkan Jayakarta pada 30 Mei 1619. Seketika itu juga kekuasaan Jayakarta diambil alih dan diganti namanya menjadi Batavia. Penduduk Jayakarta yang mayoritas beragama Islam diusir dari Batavia yang mengakibatkan mereka eksodus ke sebuah kampung kecil di luar Batavia yang bernama Jatinegara (masuk wilayah Jakarta Timur sekarang) dan ke Bogor.

 

Sumber: pa-jakartapusat.go.id


Layanan - Daftar Alamat Pengadilan Agama Seluruh Indonesia

Layanan Publik - Instansi