Balittro - Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik (Balittro) adalah lembaga penelitian di bawah koordinasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian yang memiliki mandat untuk meneliti tanaman obat, rempah-rempah, dan sumberdaya industri nabati lainnya.

Komoditi yang ditangani adalah berbagai tanaman obat tradisional, seperti jahe, kencur, temulawak, kunyit, sambiloto, dan nilam, namun tidak terbatas untuk komoditi ini saja.

Kantor pusat berlokasi di Bogor.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi Balai Berkelas Dunia Dalam Penelitian Dan Diseminasi Inovasi Tanaman Rempah dan Obat

Misi

  1. Melaksanakan Penelitian Tanaman Rempah dan Obat yang Berkualitas
  2. Melaksanakan Diseminasi Inovasi Tanaman Rempah dan Obat Secara Luas
  3. Mengembangkan Sumberdaya dan Manajemen Penelitian yang Berkualitas

BALITTRO secara struktural merupakan unit pelaksana teknis di bidang penelitian dan pengembangan yang berada di bawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dalam melaksanakan tugasnya instansi ini dipimpin oleh seorang Kepala Balai dan dibantu oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Pelayanan Teknis, dan Kepala Seksi Jasa Penelitian (Gambar 1). Di samping Ketiga penjabat eselon IVa tersebut, dalam melaksanakan tugas sehari-hari Kepala Balai dibantu oleh seorang Koordinator Program yang mengkoordinir program komoditas Tanaman Rempah, Obat dan Atsiri, Ketua Kelompok Peneliti (Kelti) yaitu : 1) Kelti Pemuliaan Tanaman, 2) Kelti Proteksi Tanaman, dan 3) Kelti Ekofisiologi Tanaman.

 

Sumber: balittro.litbang.pertanian.go.id


Layanan - Balittro - Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat

Layanan Publik - Instansi