Balitek KSDA - Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil

Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (BPTKSDA) merupakan salah satu institusi penghasil IPTEK Kehutanan, yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, yang merupakan unsur penunjang pelaksanaan tugas Kementerian Kehutanan.

BPTKSDA diharapkan dapat menghasilkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi konservasi sumberdaya alam pada khususnya dan kehutanan pada umumnya.

Sejarah

Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) pada awalnya adalah Wanariset 1 Samboja yang ditetapkan tahun 1979 melalui SK Menteri Pertanian No. 723/Kpts/Um/II/1979 yang dikelola Lembaga Penelitian Hutan Bogor. Pada tahun 1985 pengelolaan dirubah menjadi Stasiun Penelitian berada dibawah Balai Penelitian Kehutanan Samarinda.

Tahun 2002 Stasiun Penelitian berubah menjadi Loka Penelitian dan Pengembangan Satwa Primata (LP2SP) berdasar SK Menhut No. 6175/Kpts-II/2002, merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) setingkat eselon IV yang berada dibawah Badan Litbang Kehutanan.  Fokus kegiatan organisasi pada saat Loka Penelitian dan Pengembangan Satwa Primata berfokus pada penelitian konservasi meliputi flora dan fauna dengan ruang lingkup penelitian meliputi Pulau Kalimantan.

Pada tahun 2006 melalui Peraturan Menteri Kehutanan No. P.30/Menhut-II/2006 LP2SP berubah menjadi Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Samboja (BPTP).  Pengembangan organisasi menjadi setingkat eselon III dengan fokus penelitian yang menitik beratkan pada teknologi perbenihan hutan alam dengan ruang lingkup meliputi Pulau Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Tahun 2011 BPTP Samboja berubah menjadi Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) berdasar Peraturan Menteri Kehutanan No. P.32/Menhut-II/2011.  Satker setingkat Eselon III ini merupakan salah satu UPT yang secara khusus menangani kegiatan penelitian teknologi konservasi sumber daya alam yang berada dibawah tanggungjawab Badan Litbang Kehutanan dengan wilayah kerja seluruh Indonesia.

Perkembangan per periode dapat di unduh dokumen ini.

 

Sumber: balitek-ksda.or.id


Layanan - Balitek KSDA - Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam

Layanan Publik - Instansi