BBP4BKP - Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah BBP4BKP

http://www.bbp4b.litbang.kkp.go.id/wp-content/uploads/2015/03/permen-bbp4b-1024x682.jpg

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBP4BKP), adalah institusi riset di bidang pengolahan produk dan bioteknologi kelautan dan perikanan yang berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan. BBP4BKP dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor : PER.27/MEN/2011 tanggal 26 September 2011 yang merupakan pengembangan dari Lembaga Teknologi Perikanan yang didirikan pada tanggal 1 Agustus 1964.

BBP4BKP mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang pengolahan produk dan bioteknologi kelautan dan perikanan, yang meliputi penelitian pengolahan dan pengembangan produk, keamanan pangan dan lingkungan, mekanisasi proses dan bioteknologi serta kajian aplikasi hasil penelitian kelautan dan perikanan berdasarkan kebijakan teknis Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan.

Visi

Pemanfaatan optimal hasil kelautan dan perikanan yang berkelanjutan melalui pengembangan IPTEK pengolahan produk dan bioteknologi

Misi

Meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan hasil kelautan dan perikanan berbasis pengetahuan

Fasilitas

Fasilitas pendukung kegiatan penelitian dan pengembangan BBP4BKP meliputi laboratorium dan Unit Pelayanan Jasa. laboratorium yang dimiliki Balai Besar Litbang Pengolahan Produk dan Bioteknologi adalah Laboratorium Kimia, Bioassay, Mikrobiologi, Sensoris, Mekanisasi Proses, Instrumen, Pengolahan, dan Pilot Plant. Di samping itu didukung pula dengan Laboratorium Data dan Perpustakaan. Fasilitas laboratorium tersebut tidak hanya mampu mendukung kegiatan riset di Balai Besar Litbang Pengolahan Produk dan Bioteknologi, tetapi juga dapat memberikan layanan kepada pihak lain yang dikelola oleh Unit Pelayanan Jasa .

Unit Pelayanan Jasa BBP4BKP juga melayani jasa pelatihan dan konsultasi yang berkaitan dengan bidang pengolahan produk dan bioteknologi kealautan dan perikanan.

Laboratorium dilengkapi oleh berbagai instrumen seperti :HPLC, GC, LC-MS, GC-MS, FT-IR, AAS, PCR, Biological Identification System, Nukleat analyzer, Fermentor, Nitrogen Evaporator, Benequant, Refrigerated Centrifuge, Freeze Drier, Spray Drier, Blood Analyzer, dll.

 

Sumber: bbp4b.litbang.kkp.go.id


Layanan - BBP4BKP - Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan

Layanan Publik - Instansi