BALITTRA - Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (BALITTRA) awalnya Kebun Percobaan yang didirikan tahun 1953 berlokasi di Kampung Handil Manarap oleh Sdr. Nazar Noor dan merupakan bagian dari Balai Penyelidikan Tehnik Pertanian, di bawah Jawatan Pertanian Propinsi Kalimantan.

Sejak tanggal 2 Pebruari 1961, menjadi Balai Penyelidikan Padi Perwakilan Kalimantan di Banjarmasin dibawah Balai Besar Penyelidikan Padi di Bogor, yang dipimpim oleh Sdr. Noorsjamsi,BSc.

Balai ini mengelola dua buah Kebun Percobaan, yaitu Kebun Percobaan Handil Manarap, di Kewedanaan Gambut, Kabupaten Banjar dan Kebun Percobaan Belandean, Kewedanaan Berangas, Kabupaten Barito Kuala, yang lahannya disediakan oleh Pertani Unit Pembukaan Tanah Pasang Surut.

Balai tersebut berkantor di Jl. Jawa No. 21A (sekarang Jl. D.I. Panjaitan) pada bangunan eks kantor Jawatan Pertanian Propinsi Kalimantan.Pada tahun 1962 balai ini berubah menjadi Lembaga Penelitian Padi dan Jenis Tanaman Gandum Lainnya (LPPG) Perwakilan Kalimantan. Pada tahun yang sama, juga didirikan Lembaga Penelitian Ubi-ubian dan Kacang-kacangan (LPUK) Perwakilan Kalimantan yang dipimpin oleh Sdr. Ibrahim yang kemudian pada tahun 1963 - 1964 dipimpin oleh Sdr. Ho Moo Seng, Bsc.

Pada tahun 1966 kedua perwakilan lembaga penelitian tersebut dilebur menjadi Lembaga Pusat Penelitian Pertanian Perwakilan Kalimantan (LP3PK) di Banjarmasin, sebagai perwakilan dari Lembaga Pusat Penelitian Pertanian (LP3) di Bogor yang berada di bawah Direktorat Jenderal Pertanian, Departemen Pertanian. Pada tahun 1966 kedua perwakilan lembaga penelitian tersebut dilebur menjadi Lembaga Pusat Penelitian Pertanian Perwakilan Kalimantan (LP3PK) di Banjarmasin, sebagai perwakilan dari Lembaga Pusat Penelitian Pertanian (LP3) di Bogor yang berada di bawah Direktorat Jenderal Pertanian, Departemen Pertanian.

Berdasarkan Keputusan Presiden No. 45 tanggal 26 Agustus 1974 ditetapkan Lembaga Pusat Penelitian Pertanian berada di bawah eselon I tersendiri, yaitu Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian. Sesuai SK Mentan No. 861/Kpts/Org/12/1980 tanggal 2 Desember 1980, LP3PK berubah menjadi Balai Penelitian Tanaman Pangan Banjarmasin (disingkat BPTP Banjarmasin, yang kemudian pada akhir 1981 menjadi Balittan Banjarmasin) di bawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Tanaman Pangan (Puslitbangtan). Pada 16 Agustus 1984, SK Mentan No.613/Kpts/OT210/ 8/1984, nama instansi menjadi Balai Penelitian Pertanian Tanaman Pangan Banjarbaru (Balittan Banjarbaru) yang berkedudukan di Banjarmasin. Sejak Desember 1983, dimulai pembangunan gedung kantor dan perumahan secara bertahap di Jl. Kebun Karet, Kelurahan Loktabat, Banjarbaru melalui Applied Agricultural Research Project dan mulai digunakan pada 15 Oktober 1986.

Visi dan Misi

Visi  :

Menjadi lembaga penelitian terunggul dalam menghasilkan inovasi teknologi terhandal dalam pengelolaan lahan rawa untuk pertanian berkelanjutan.

Misi :

  1. Menghasilkan, mengembangkan dan mendiseminasikan data/informasi dan inovasi teknologi pengelolaan lahan rawa untuk mendukung terwujudnya sasaran 4 sukses Kementerian Pertanian.
  2. Mengembangkan jejaring kerjasama nasional dan international dalam rangka penguasaan iptek.

 

Sumber : balittra.litbang.pertanian.go.id