BMH - Baitul Maal Hidayatullah

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil

Baitul Maal Hidayatullah merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, kemanusiaan, dan CSR perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial dan ekonomi secara nasional.

Pada tahun 2001 Menteri Agama menerbitkan SK Legalitas yang mengukuhkan BMH sebagai lembaga amil zakat nasional (LAZNAS). Namun, kiprahnya telah lebih dahulu berjalan ketika awal berdirinya pesantren Hidayatullah di Gunung Tembak, Balikpapan. Kini dengan hadirnya jaringan 54 kantor cabang di seluruh Indonesia, Laznas BMH kian mengukuhkan langkah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan serta mengoptimalkan dana ZIS yang terhimpun melalui program yang berorientasi pada kemaslahatan umat.

Melalui program pendidikan, dakwah, ekonomi dan sosial merupakan upaya mengurai masalah sosial dan membangun insan yang lebih bermartabat. Kini kiprahnya tersebar di 33 provinsi, dari perkotaan hingga desa terpencil dan pedalaman. Aktifitas pemberdayaan dibangun melalui 238 pesantren yang mayoritas di daerah terpencil, ratusan sekolah serta ribuan dai yang berkiprah dan komunitas masyarakat merupakan energi untuk menjadi penggerak perubahan menuju masyarakat yang lebih berdaya, religius dan mulia.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi lembaga amil zakat yang terdepan dan terpercaya dalam memberikan pelayanan kepada ummat

Misi

  • Meningkatkan kesadaran umat untuk peduli terhadap sesama
  • Mengangkat kaum lemah (dhuafa) dari kebodohan dan kemiskinan menuju kemuliaan dan kesejahteraan
  • Menyebarkan syiar Islam dalam mewujudkan peradaban islam

Logo BMH

Logo BMH

1. Logo

Dua Tangan bertemu dalam memberi & menerima

Makna Logo

Orange : Simbol kesejahteraan

Hijau (Chartreuse) : Simbol kedekatan dengan masyarakat kecil atau lemah (dhu afa)

Dua Tangan Bertemu : Simbol saling memberi dan menerima, sebagai simbol kedermawanan,saling tolong-menolong.

Secara keseluruhan mengandung makna :

” Upaya yang dilakukan dengan berbagai program BMH dalam rangka melakukan perubahan kondisi masyarakat dari kondisi yang lemah (dhu fa) menjadi berdaya dan sejahtera. “

Legal Formal

Legal Formal

  1. SK Menteri Agama RI No. 538 tahun 2001 sebagai LAZNAS
  2. Akte Notaris Lilik Kristiwati, SH tanggal 26 Februari 2001
  3. Keputusan Menkumham AHU-AH.01.08-210 tanggal 15 April 2011
  4. NPWP 2.028.581.3-002
  5. Izin Domisili 018/SRHJ/IV/2011
  6. Surat Izin Operasional 011.12510.13/1.848 B

Penghargaan & Apresiasi

  1. Rekor MURI dengan sate qurban terbanyak 2005
  2. The Best of Growth Fundraising 2010
  3. Pendamping Ekonomi Terbaik 2012 versi Carrefour
  4. Kembali lulus Sertifikasi ISO 9001 : 2008 pada tahun 2013
  5. Penghargaan Rekor MURI sebagai Pemrakarsa dan Penyelenggara Sebari Da i Ramadhan Terbanyak dan Terluas 2013
  6. Penghargaan Rekor MURI sebagai Pemrakarsa Pembagian Paket Sekolah Senyum Anak Indonesia Terbanyak dan Terluas 2014

Jajaran Manajemen

Dewan Pembina

DR. Abdul Manan, SE, MM
Drs. H. Hasan Ibrahim, MA

Dewan Pengawas

Ir. Abu A la Abdullah, MH.I
Asih Subagyo, S. Kom

Dewan Pengawas Syariah

KH. Drs. Hamim Thohari. Msi
KH. Nashirul Haq, Lc. MA

Dewan Pengurus

Drs. Wahyu Rahman
Mochamad Chofadh, S.Ag
Marwan Mujahidin, SE

Badan Pelaksana

Drs. Wahyu Rahman
Direktur Eksekutif

Mochamad Chofadh, S.Ag
Direktur Operasional Wilayah 1

Marwan Mujahidin, SE
Direktur Operasional Wilayah 2

Suwito Fatah
Kepala Badan Pengembangan Kelembagaan & Sistem

 

Sumber : bmh.or.id


Layanan - BMH - Baitul Maal Hidayatullah

Layanan Publik - Instansi