KOPNAKERINDO SEJAHTRA - Koperasi Tenaga Kerja Indonesia Sejahtera

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

KOPNAKERINDO SEJAHTERA

Koperasi Tenaga Kerja Indonesia Sejahtera(KOPNAKERINDO SEJAHTERA)  adalah  bentuk wadah usaha dengan system online yang berbadan hukum legal Koperasi.

Koperasi ini didirikan pada tanggal 17 Februari 2009 di Jakarta. Kopnakerindo didirikan  oleh para Tenaga Kerja Indonesia baik yang bekerja di Luar Negeri maupun yang bekerja di Dalam Negeri, juga di dukung oleh para ketua LSM asosiasi buruh dan para pengusaha yang mempunyai keperdulian social terhadap masa depan dan kelangsungan hidup para TKI dan keluarganya.

Kopnakerindo sejahtera memiliki berbagai bidang usaha sector real diantaranya :

  1. Usaha simpan pinjam ( KSP- USP )
  2. Usaha Distributor sembako dan kebutuhan anggota
  3. Usaha jasa pengiriman tenaga kerja ke luar negeri
  4. Usaha jasa pengiriman uang ( western union ) bekerjasama dengan kedubes masing masing Negara dan perbankan di luar negeri
  5. Usaha MINIMARKET/SUPERMARKET di seluruh Wilayah Indonesia yang di kelola oleh Anggota yang berdomisili di wilayah tersebut
  6. Usaha Jasa penukaran uang ( Money Changer ) dan Travel Agency
  7. Usaha Kontraktor proyek dan pengadaan barang
  8. Usaha Balai Latihan Kerja dan Sekolah Pelatihan Tenaga Kerja Magang
  9. Usaha Jasa pelayanan imigrasi dan asuransi TKI, serta jasa pelayanan advokasi TKI/Biro Konsultasi Hukum TKI.
  10. Usaha Jasa pelayanan Kesehatan / Medical centre
  11. Dan usaha usaha lain yang segera akan di bentuk dan sedang dalam progress.

KOPNAKERINDO SEJAHETERA mempunyai kantor pusat di :

Gedung Ratu Prabu 1, Lantai 3.
Jl. TB Simatupang Kav. 20
(Jl. Jeruk Purut No. 23)
Kelurahan Cilandak Timur,
Kecamatan Pasar Minggu,
Jakarta Selatan,
Indonesia - 12560

Phone
E-mail
Website
SMS Support
BBM Support (PIN)
E-mail Support
Faximil Support
: 02193859724
: kopnakerindo.sejahtera@gmail.com
: http://www.kopnakerindo.com
: 085314687200
: 53BB95E4
: kopnakerindo.sejahtera@gmail.com
: 021 - 93859724


Koperasi ini telah di sahkan pada akta notaris nomor 100 di buat oleh H RIZUL SUDARMADI SH, beliau adalah seorang notaris di Jakarta.

DASAR PEMIKIRAN

  • Bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan (UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945)
  • Bangun perusahaan yang berdasar pada demokrasi ekonomi, produksi dikerjakan oleh semua dan untuk semua dibawah pimpinan atau kepemilikan anggota masyarakat adalah Koperasi.

LATAR BELAKANG

TENAGA KERJA INDONESIA SEBAGAI SUMBER DEVISA NEGARA

  1. Terbatasnya lapangan pekerjaan di tanah air serta peningkatnya permintaan tenaga kerja di luar negeri seperti Timur Tengah, Jepang , Korea Selatan, Malaysia, Hongkong, Eropa, Amerika dan sebagainya menyebabkan banyak Warga Negara Indonesia yang berkiprah di Luar Negeri sebagai Tenaga kerja.
  2. Faktor pendorong untuk bekerja di Luar Negeri selain dari maraknya permintaan akan Tenaga Kerja Indonesia juga lebih tingginya tingkat penghasilan yang dijanjikan dibandingkan dengan di dalam negeri.
  3. Penanganan Tenaga Kerja Indonesia yang masih lemah menimbulkan permasalahan yang sangat merugikan baik bagi Tenaga Kerja itu sendiri maupun untuk martabat bangsa dan negara. Problema tersebut diantaranya Kelengkapan Dokumen Ketenagakerjaan; Penempatan kerja; Kondisi Kesehatan ; Besarnya Penghasilan; Pengamanan Penghasilan; Perlindungan hukum selama berada di luar negeri
  4. Mereka merantau jauh ke negara lain meninggalkan keluarganya semata ingin mengubah nasib untuk meningkatkan kesejahteraan baik dirinya sendiri maupun keluarganya
  5. Peningkatan kesejahteraan tersebut tidaklah cukup dengan penghasilan yang diterimanya saja, akan tetapi perlu diusahakan melalui wadah yang akan mengelola investasi Tenaga Kerja seiring dengan berjalannya pekerjaan yang sedang digelutinya.
  6. Wadah yang diusahakan oleh semua dan untuk semua anggota masyarakat sesuai dengan dasar demokrasi ekonomi adalah Koperasi. Koperasi yang didirikan merupakan koperasi yang dibangun atas kemampuan sendiri (swakarsa) untuk mencapai kekuatan tanpa bergantung kepada pihak manapun kecuali kekuatan sendiri (mandiri).
  7. Sehubungan dengan maraknya Bisnis Online(BO) illegal yang di tawarkan kepada TKI dan kepada masyarakat umum oleh para petualang BO illegal yang tidak bertanggung jawab, sehingga sering "terjadi penipuan bisnis online yang merugikan para TKI dan masyarakat melalui dunia maya / internet.

RASIONALISASI PERLU ADANYA KOPNAKERINDO SEJAHTERA

  1. Untuk menghimpun potensi ekonomi Tenaga Kerja Indonesia di mancanegara bagi keperluan diri mereka sendiri maupun keluarganya.
  2. Untuk mengembangkan/memperkuat investasi Tenaga Kerja Indonesia, terutama dalam aspek keuangan serta Human Capital
  3. Untuk mengkonsolidasikan kekuatan ekonomis para Tenaga Kerja Indonesia melaui suatu pendekatan kegiatan usaha dari dan untuk anggota.
  4. Untuk menghimpun / mewadahi usaha para TKI dan masyarakan umum yang senang melakukan Bisnis Online melalui dunia maya (internet), dalam usaha bersama yang Legal, Real dan dapat di pertanggungjawabkan oleh para pengurus yang di bentuk berdasarkan rapat anggota.

OPERASIONALISASI KOPERASI TENAGA KERJA INDONESIA

  1. Tenaga kerja yang akan berangkat di setiap embarkasi akan diberikan formulir registrasi keanggotaan
  2. Rekrutmen anggota bagi TKI di Luar Negeri berkoordinasi dengan pihak DEPNAKER dan KEDUBES
  3. Apabila koperasi TKI ini bersifat terbuka maka akan disesuaikan dengan perundangan dan peraturan setempat
  4. Kalangan purna Tenaga Kerja diakomodir menjadi anggota
  5. Status domisili administrasi KOPNAKERINDO berkedudukan di Jakarta sebagai INDUK/PUSAT dengan ruang lingkup operasional meliputi seluruh wilayah Republik Indonesia dan Mancanegara
  6. Kalangan masyarakan dan TKI petualang bisnis online di Indonesia dan manca Negara akan di akomodir menjadi anggota.
  7. Koperasi Tenaga Kerja Indonesia Sejahtera memungkinkan memiliki anggota dari kalangan tenaga kerja dalam negeri dan masyarakat para pebisnis online di dalam dan di luar negeri.

VISI & MISI

VISI KOPNAKERINDO

Membudayakan gerakan koperasi dalam usaha mewujudkan ekonomi Tenaga Kerja Indonesia yang kuat dalam meningkatkan harkat dan martabat sebagai duta bangsa guna memberdayakan kemampuan dan kemandirian Tenaga Kerja Indonesia menuju peningkatan kesejahteraan bangsa. Dan membudayakan koperasi online sebagai usaha Business Online yang legal formal, dapat di pertanggung jawabkan dengan system simpanan anggota yang mendapat jaminan dari pemerintah sesuai undang - undang koperasi.

MISI KOPNAKERINDO

  1. Menempatkan Koperasi sebagai wadah para tenaga kerja Indonesia dalam peningkatan kesejahteraan selama menjalankan pekerjaannya di mancanegara;
  2. Menempatkan Koperasi sebagai wadah para pebisnis dunia maya (Business Online) yang sedang marak di internet;
  3. Menyelenggarakan pendidikan ketrampilan, etika moral dan pengetahuan budaya setempat , untuk terciptanya tenaga kerja siap pakai yang mempunyai pola pikir, pola sikap dan pola tindak sesuai dengan kultur budaya bangsa;
  4. Membuka unit-unit usaha yang bertujuan menciptakan kesejahteraan anggota melalui penyediaan segala keperluan anggota beserta keluarganya;
  5. Menciptakan rasa aman (mendapat perlindungan hukum) dan kenyamanan (mendapat penghasilan yang layak) dalam bekerja di luar negeri sampai kembali ke tanah air;
  6. Menciptakan rasa aman bagi para anggota dalam menginvestasikan uangnya dan mendapatkan penghasilan yang layak dengan usaha nyata dan system yang transfaran. 

 

Sumber: kopnakerindo.com


Layanan - KOPNAKERINDO SEJAHTRA - Koperasi Tenaga Kerja Indonesia Sejahtera

Layanan Publik - Instansi