PPGI - PERSATUAN PERAWAT GIGI INDONESIA

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah PPGI

Sejarah profesi perawat gigi di Indonesia bermula dari berdirinya Sekolah Perawat Gigi (SPG) yang dilandasi oleh terbitnya Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 27998 / Kab tertanggal 30 Desember 1950. Keputusan tersebut berlaku mulai 1 Agustus 1951, maka dimulailah adanya Sekolah Perawat Gigi yang pertama di Jakarta. Pada tahun 1953 Sekolah Perawat Gigi Jakarta meluluskan Perawat Gigi yang pertama,

Selanjutnya pada  tahun 1957 Sekolah Perawat Gigi diubah menjadi Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG). Dan di tahun 1959 didirikan Sekolah Pengatur Teknik Gigi (SPTG) yang merupakan pendidikan lanjutan setara Diploma I (lama pendidikan 1 tahun setelah SPRG/ SMA).  SPTG ini meluluskan lulusan pertamanya pada tahun1960.

Pada saat itu, banyak sekali perawat gigi yang menambah kemahiran menjadi tekniker/ teknisi gigi dengan melanjutkan pendidikan di SPTG. Sehingga antara perawat gigi dan teknisi/ tekniker gigi terjalin ikatan yang kuat dan merasakan bahwa kedua lulusan sekolah tersebut berada pada rumpun yang sama, sehingga pada tahun 1967 berdiri Ikatan Perawat Gigi dan Tehniker Gigi Indonesia ( IPTGI ).

Keberadaan IPTGI ini diakui kurang “gregetnya” bahkan ada pihak-pihak yang menyebutkan bahwa IPTGI ini ada tapi berjalan  tanpa kegiatan atau vakum. Pada tahun 1986 dilaksanakan kongres I IPTGI di Ciloto. Kemudian sejalan dengan perubahan kebijakan di Departemen Kesehatan pada waktu itu yang mengharuskan adanya pemisahan antara profesi perawat gigi dan tekniker/ teknisi gigi maka pada tanggal 13 September 1996 bertempat di Caringin Bogor para perwakilan perawat gigi se-Indonesia mendeklarasikan organisasi Persatuan Perawat Gigi Indonesia.

Visi & Misi PPGI

VISI :

Menjadikan  profesi perawat gigi indonesia sebagai profesi yang diakui di tingkat nasional maupun di tingkat ASEAN pada tahun 2017

MISI :

  1. Mewujudkan tata kelola organisasi yang bersih, terbuka dan bertanggung jawab
  2. Meningkatkan kerjasama dengan semua stakeholders organisasi
  3. Melanjutkan upaya - upaya perbaikan mutu pendidikan dan pelayanan keperawatan gigi
  4. Melanjutkan upaya - upaya perbaikan kesejahteraan anggota
  5. Mengupayakan keanggotaan ppgi di federasi profesi sejenis di tingkat internasional

NILAI - NILAI :

  1. Integritas
  2. Transparansi
  3. Kerjasama

 

Sumber: ppgi-online.org


Layanan - PPGI - PERSATUAN PERAWAT GIGI INDONESIA

Layanan Publik - Instansi