AISI - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Sebagai konsekuensi dari meningkatnya permintaan sepeda motor dan niat Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan sepeda motor Industries, PASMI didirikan pada 28 Januari 1971 oleh antara lain inisiatif Dr. Hadi S. Topobroto, yang menjabat sebagai Ketua pertama 1971-1981.

Para Ketua setelahnya adalah:
Letnan Jenderal (Purn) Drs. Sukahar, Mr. Subronto Laras dan Drs. Sutrisno. PASMI selalu memiliki filosofi atau organisasi tangkas di mana sebagian besar tugas-tugas penting yang dan masih dilaksanakan oleh staf mampu pada tugas sementara atau permanen dari anggota. PASMI telah aktif berpartisipasi dalam upaya pemerintah dalam pembentukan bisnis sepeda motor yang kuat dan layak dan industri serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan sepeda motor internasional, antara lain dalam pembentukan FAMI (Federation of Asian Motorcycle Industries) yang antara lain didasarkan pada Deklarasi Bali yang ditandatangani di Bali.

Tujuan

  • Untuk menjadi mitra Pemerintah dalam pengembangan bisnis sepeda motor yang kompetitif dan bertanggung jawab dan industri di Indonesia,
  • Untuk membantu anggota dalam mencapai produksi sepeda motor efisien untuk massa melalui sinergi dan co-operasi yang saling menguntungkan bagi masyarakat luas, dengan membantu menciptakan konduktif dan bertanggung jawab terhadap lingkungan di kalangan industri kendaraan roda dua dalam pencarian untuk hasil yang lebih baik bagi pemegang sahamnya
  • Untuk berusaha iklim usaha yang menguntungkan dan lingkungan yang konduktif untuk pengembangan sistem industri / distribusi sepeda motor untuk kepentingan pemegang sahamnya.
  • Berusaha untuk pengembangan praktek bisnis yang adil dan etis dalam perdagangan sepeda motor dan industri di Indonesia maupun di lingkungan internasional.

Kegiatan

AISI, sebagai organisasi yang luas nasional akan berusaha untuk mengkoordinasikan anggota dalam tujuannya untuk mencapai tujuan:

  • Untuk berbagi pengetahuan dan keahlian pada sepeda motor yang umumnya berada di luar sifat kompetitif.
  • Untuk menjadi anggota aktif dan bertanggung jawab dari Komunitas Sepeda Motor Internasional, termasuk, namun tidak terbatas pada FAMI; AAF (ASEAN Automotive Federation) dan IMMA.
  • Untuk mendukung kerja sama antar anggota dalam menghadapi peningkatan keselamatan, knalpot emisi, peraturan, homologasi dan kegiatan yang saling menguntungkan antara para pemangku kepentingan lainnya dari produsen sepeda motor: produsen; pengguna; regulator pemerintah; pedagang, dll
  • Untuk mendukung kegiatan seperti yang diminta oleh anggota individu.
  • Untuk mendukung kegiatan dalam meningkatkan citra sepeda motor di masyarakat luas.
  • Untuk memperjuangkan pengembangan adil; praktek bisnis yang etis dan bertanggung jawab.
  • Untuk terus memonitor peraturan dan kebijakan nasional dan internasional yang mengatur bisnis sepeda motor dan industri dan untuk mengkoordinasikan respon proaktif dari anggota seperti yang diminta.

 

Sumber: aisi.or.id


Layanan - AISI - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia

Layanan Publik - Instansi