7 Cara Mudah Mengobati Radang Tenggorokan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 10 Agu 2022, 09:35:08 WIB | dibaca : 182 pembacaKesehatan

7 Cara Mudah Mengobati Radang Tenggorokan

Ilustrasi foto

RADANG tenggorakan merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi. Biasanya, penyebab radang tenggorokan beragam, salah satunya pola hidup yang tak sehat dan kurang seimbang.

Sebagian besar radang tenggorokan bisa sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari. Namun, tetap saja kondisi ini membuat penderita merasa tak nyaman khususnya saat melakukan aktivitas.

Untuk itu, ada beberapa cara mudah mengobati radang tenggorokan. Penasaran bagaimana caranya? Berikut 7 cara mengobati radang tenggorokan yang telah dirangkum oleh Okezone.

1. Mengonsumsi makanan dan minuman hangat

Cara pertama untuk mengobati radang tenggorokan ialah mengonsumsi makanan dan minuman hangat. Dilansir Mayo Clinic, makanan dan minuman hangat bisa membantu meredakan nyeri dan melegakan tenggorakan. Kamu bisa mengonsumsi santapan seperti sup atau minuman hangat yang bebas kafein.

2. Banyak minum

Banyak minum juga bisa jadi cara untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Cairan menjaga tenggorokan tetap lembab dan mencegah dehidrasi.

Hindari kafein dan alkohol, yang dapat membuat kamu dehidrasi dan memperparah kondisi radang tenggorokan.

3. Kumur dengan air garam hangat

Selanjutnya cobalah untuk berkumur dengan air hangat yang diberi campuran garam. Dilansie Alodokter, cobalah berkumur dengan campuran 1/2 sendok teh garam dalam 250 ml air hangat. Cara ini cukup efektif untuk meringankan sakit dan gatal pada tenggorokan.

4. Gunakan humidifier

Selanjurnya kamu bisa menggunakan humidifier untuk membantu proses penyembuhan radang tenggorokan. Dikutip Penn Medicine, udara kering, terutama saat musim dingin dapat menjadi penyebab sakit tenggorokan.

Humidifier akan menjaga kelembapan udara dan membuka sinus kamu. Tambahkan satu atau dua sendok makan gosok uap atau larutan hidrogen peroksida untuk memberikan kelegaan tambahan.

5. Konsumsi lemon

Mirip dengan air garam dan madu, lemon sangat bagus untuk sakit tenggorokan karena dapat membantu memecah lendir dan meredakan rasa sakit. Terlebih, lemon dikemas dengan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan imun untuk melawan virus.

Campurkan satu sendok teh jus lemon ke dalam segelas air hangat dan minum untuk bantuan cepat.

6. Istirahat yang cukup

Satu lagi cara menyembuhkan radang tenggorkan adalah dengan istirahat yang cukup. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh melawan infeksi dan mengatasi peradangan.

Pastikan kamu mendapat waktu tidur selama delapan jam. Hindari begadang dan kerja berlebihan agar kondisi kesehatan dan masalah radang tenggorokanmu bisa teratasi.

7. Minum obat radang

Minum obat radang tenggorokan yang dijual di apotek. Obat radang ini biasanya berbentuk tablet isap dan rasanya agak manis. Biasanya obat itu mengandung kombinasi dua antibiotik, yaitu fradiomycin sulfate 2,5 mg dan gramicidin-S HCl 1,0 mg.

Antibiotik ini fungsinya guna menghentikan pertumbuhan dan perkembangan bakteri, seperti Staphylococcus atau Streptococcus, penyebab radang tenggorokan. Jika belum sembuh juga dan makin sakit, maka segera pergi ke dokter ya!

 

Sumber : okezone.com