Melihat Keindahan Beberapa Gunung di Jawa Tengah dari Embung Bansari Temanggung

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 21 Okt 2021, 13:18:48 WIB | dibaca : 57 pembacaWisata

Melihat Keindahan Beberapa Gunung di Jawa Tengah dari Embung Bansari Temanggung

Embung Bansari di Temanggung, Jateng (Eko Susanto/detikcom)

Temanggung - Di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, ada embung yang berada di ketinggian 1.300 mdpl. Embung Bansari namanya, persis berada di lereng Gunung Sindoro.

Embung Bansari, tepatnya berada di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Embung Bansari berada di ketinggian 1.300 mdpl.

"Luas Embung Bansari ini satu hektare, kemudian untuk kedalaman airnya ini 4 meter. Untuk luas genangan sekitar 2.453 meter persegi, daya tampung air 8.588 meter kubik," kata Kepala Desa Bansari Herlan, Kamis (21/10/2021).

Embung Bansari yang berada di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung


Menurutnya, embung itu dibangun untuk mencukupi kebutuhan air bagi petani di musim kemarau. Adapun, satu sisi keberadaan Embung Bansari mempunyai view yang bagus sehingga bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Dari embung itu, tersaji pemandangan alam yang bagus. Embung ini persis berada di lereng Gunung Sindoro. Bahkan saat cuaca cerah, selain bisa melihat keindahan Gunung Sindoro, juga bisa melihat Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, dan lain-lainnya.

"Untuk saat ini tiket masuk Rp 5.000. Wisata ini mulai dibuka Februari 2020," kata dia.

Adapun untuk rata-rata pengunjung per minggunya, katanya, mencapai 500 orang. Kemudian, puncak kunjungan pada Sabtu dan Minggu.

"Untuk pengembangan ke depan ini melengkapi beberapa fasilitas pendukungnya mungkin nanti ada gazebo. Yang sekarang dibangun ini adalah untuk pendopo yang nantinya akan digunakan untuk pertemuan-pertemuan maupun rapat-rapat, kemudian juga ada penataan pedagang di luar area embung," kata dia.

Embung Bansari itu dikelola oleh Bumdes Tirta Sembada.

Embung Bansari yang berada di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung


Sementara itu, Bupati Temanggung M Al Khadziq menambahkan Pemkab Temanggung mendukung pengembangan destinasi wisata Embung Bansari. Dia sudah membuktikan keelokan embung itu.

"Ini destinasi wisata bagus dan terus berkembang, pemerintah kabupaten juga ikut mendukung. Promosinya kita juga sangat mendukung, moga-moga kedepan jadi lebih bagus lagi," ujarnya.

"Kestimewaaan view-nya bisa melihat Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Merbabu dan lain-lain. Nah mungkin ini fasilitasnya saja yang nanti kita harapkan kedepan tambah berkembang," katanya.

 

Sumber : detik.com