Toyota Luncurkan Yaris ala Crossover, Namanya Yaris X-Urban

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 23 Sep 2021, 09:12:32 WIB | dibaca : 55 pembacaOtomotif

Toyota Luncurkan Yaris ala Crossover, Namanya Yaris X-Urban

Toyota Yaris X-Urban. Foto: Toyota Thailand.

Jakarta - Toyota Thailand meluncurkan Yaris yang lebih gagah. Hatchback tersebut mendapatkan ubahan yang terinspirasi dari sebuah crossover. Namanya Yaris X-Urban.

Yaris X-Urban yang diluncurkan di Thailand ini menggunakan basis Yaris 2022 terbaru. Yaris X-Urban memberi desain Yaris seperti crossover.

Tampilan berbeda pada Yaris X-Urban ada pada eksteriornya. Mobil ini mendapatkan front lip dengan skid plate, side skirt, dan ekstensi bumper belakang. Tampilan ala mobil crossover hadir dari fender berwarna hitam.

Toyota Yaris X-Urban


Selain itu, grill hitam gloss juga membuat tampilan Yaris X-Urban ini lebih sporty. Ada juga velg dua warna berukuran 16 inchi.

Yaris X-Urban memiliki ground clearance lebih tinggi dibanding Yaris Standar. Toyota memasang shock breaker baru yang membuat ground clearance Yaris X-Urban lebih tinggi 30 mm.

Toyota Yaris X-Urban


Di dalam, kabin Yaris X-Urban juga diperbarui. Ada pelapis dua warna baru di jok dan setir yang mengombinasikan warna merah dan hitam. Joknya juga menghadirkan pola huruf "X".

Toyota Yaris X-Urban dibekali fitur keselamatan canggih. Mobil ini memiliki fitur-fitur seperti Pre-Collision System (pengereman darurat otonom) dan Lane Departure Alert (peringatan keluar lajur).

Toyota Yaris X-Urban menggendong mesin 1.200 cc empat silinder segaris. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 92 PS dengan torsi maksimal 109 Nm.

Mesin dikawinkan dengan transmisi Super CVT. Tenaga disalurkan ke roda depan.

Toyota Yaris X-Urban dijual dengan harga 658.600 baht atau setara Rp 280 juta. Paket aksesori Yaris X-Urban berbeda 44.600 baht atau Rp 18,9 juta. Itu sudah termasuk upgrade bodykit, interior dan ground clearance yang lebih tinggi.

Toyota Yaris beberapa kali mendapat sentuhan ala crossover. Beberapa tahun lalu, di Indonesia sempat ada Yaris Heykers yang memiliki tampilan ala mobil crossover. Di beberapa negara, juga telah diluncurkan Yaris Cross yang tampil ala mobil SUV.

Soal Yaris Cross, Toyota kedapatan telah mendaftarkan paten desain mobil itu ke pangkalan data kekayaan intelektual Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia (Kemenkumham RI). Pemegang paten tersebut langsung dari Toyota Jepang. Selain itu disebutkan lima nama perancang desain, yakni Hideaki Iida, Jun Takahashi, Maki Kobayashi, dan Yoshikazu Shoji. Semuanya berkebangsaan Jepang.

Yaris Cross menggunakan platform TNGA (GA-B) yang berada di bawah C-HR. Penggunaan platform ini jelas membuat mobil ini berbeda dari Yaris biasa.

Mobil ini memiliki desain yang compact namun tetap mewakili kesan Sport Utility Vehicles (SUV). Ya, untuk mempertegas tampilan crossover, Toyota sudah menggunakan bohlam dan DRL LED, serta disematkan lampu kabut kecil di bagian bawah. Tak ketinggalan pada bagian fender dan side moulding, mobil dibekali dengan warna hitam.

 

Sumber : detik.com