Bareskrim Ungkap Sumber Dana Pinjol Ilegal Rentenir Online

By PUBinfo Redaksi 26 Jul 2022, 11:07:47 WIB | dibaca : 200 pembaca

Bareskrim Ungkap Sumber Dana Pinjol Ilegal Rentenir Online

Foto: Ilustrasi/ Edward Ricardo Sianturi

Jakarta - Sejumlah dugaan ditemukan menjadi sumber dana yang didapatkan oleh pinjaman online (pinjol) ilegal. Pihak Kepolisian pun sedang dalam pendalaman lebih lanjut.

"Perkembangan terhadap dugaan pendanaan sumbernya dari luar negeri, masih dilakukan pendalaman. Ada beberapa asumsi kita gunakan melakukan penyelidikan lebih lanjut," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Brigjen Helmy Santika dalam keterangan pers.

Salah satu dugaannya adalah sumber dana dari Indonesia, berikutnya berasal dari luar negeri. Dari penyelidikan yang dilakukan, ditemukan beberapa adalah remitansi (pengiriman uang dari luar negeri). Dia mengatakan akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak PPATK dan OJK.

"Karena dari beberapa kegiatan penyelidikan yang kita lakukan ada beberapa yang sebagai remitansi, legal berdasarkan Bank Indonesia. Namun tugasnya kewenangan mengirim dan menerima, tidak menyimpan. Kami menerima fakta remitansi yang juga selain mengirim menyimpan sedang dilakukan pendalaman," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama dia juga mengatakan telah menangkap tiga orang yang terkait pinjol ilegal. Termasuk juga menyita uang Rp 21 miliar.

"Kami melakukan penyitaan uang diduga hasil kejahatan total kurang lebih Rp 21 miliar kita sita rekening atas nama Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Andalan Solusi Bersama," ujar Helmy.

Ketiga pelaku KSP Andalan Solusi bersama adalah JS, DN, dan SR dan sudah ditahan. Berdasarkan penelusuran Bareskrim Polri, JS diketahui telah membuat 95 KSP lainnya yang diduga fiktif. KSP ini kemudian dijual kepada warga negara asing.

 

Sumber : cnbcindonesia.com