Diskon Listrik PLN Diperpanjang, Begini Cara Dapatnya

By PUBinfo Redaksi 19 Jul 2021, 10:40:17 WIB | dibaca : 83 pembaca

Diskon Listrik PLN Diperpanjang, Begini Cara Dapatnya

Foto: Ilustrasi

Jakarta - Pemerintah memperpanjang diskon listrik PLN untuk golongan 450 VA dan 900 VA. Ada 32,6 juta pelanggan yang bisa mendapatkan diskon listrik ini sampai Desember 2021.

Diskon listrik ini diberikan dalam rangka mengantisipasi dampak kebijakan PPKM Darurat yang saat ini sedang berjalan.

"Kami akan memperpanjang (diskon listrik) sampai Desember. Jadi seluruh tahun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers evaluasi PPKM Darurat.

Untuk pelanggan golongan 450 VA akan mendapat diskon listrik sebesar 50% dari tagihan. Kemudian pelanggan 900 VA mendapat diskon listrik 25% dari tagihan.

Diskon listrik ini diberikan dalam bentuk potongan tagihan untuk pelanggan pascabayar. Sementara untuk pelanggan prabayar atau token listrik bisa mendapat diskon setelah pembelian token.

Terkait perpanjangan diskon tarif listrik tersebut, Sri Mulyani mengaku menyiapkan Rp 1,91 triliun. Dengan demikian, anggaran diskon listrik PLN naik dari Rp 7,58 triliun menjadi Rp 9,49 triliun.

Relaksasi yang diberikan sampai akhir tahun ini meliputi diskon tarif listrik dan pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abonemen.

"Kami perpanjang biaya abonemen atau biaya beban untuk 1,14 juta pelanggan. Kita perpanjang sepanjang tahun sampai Desember sehingga akan ada tambahan Rp 420 miliar dari anggaran menjadi Rp 2,11 triliun," kata Sri Mulyani.

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode Juli-September 2021, besarannya adalah sebagai berikut:

1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50% bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

 

Sumber : detik.com