Hati-hati! Gelombang Tinggi Masih Terjadi di Perairan Selatan Yogya

By PUBinfo Redaksi 25 Nov 2021, 09:56:28 WIB | dibaca : 44 pembaca

Hati-hati! Gelombang Tinggi Masih Terjadi di Perairan Selatan Yogya

Ilustrasi cuaca buruk (Foto: Dok. detikcom)

Yogyakarta - BMKG memprakirakan wilayah Daerah Iatimewa Yogyakarta (DIY) akan diguyur hujan pada siang hari. Masyarakat diminta waspada dengan potensi bencana hidrometeorologi. Gelombang laut juga bisa mencapai 4 meter.

"Waspada potensi hujan ringan-sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Sleman, Kota Yogyakarta, Gunung Kidul bagian utara, Bantul bagian utara dan Kulon Progo bagian utara," kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas dalam keterangannya, Kamis (25/11/2021).

Reni memaparkan kondisi cuaca DIY pada pagi hari umumnya berawan. Kemudian pada siang hingga sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Ia melanjutkan, pada malam hari terdapat potensi hujan ringan di wilayah Kulon Progo bagian selatan, Gunungkidul bagian selatan dan Bantul bagian selatan.

Reni juga meminta masyarakat pesisir Yogyakarta agar waspada adanya potensi gelombang tinggi. Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta berkisar antara 2,5 hingga 4,0 meter dan termasuk dalam kategori tinggi.

"Waspada potensi peningkatan tinggi gelombang laut di perairan Yogyakarta," tutupnya.

Berikut prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di DIY

Bantul:
Kasihan, Banguntapan, Sedayu.

Kota Yogyakarta:
Umbulharjo, Mergangsan, Pakualaman, Gondokusuman, Danurejan, Gondomanan, Kraton, Gedong Tengen, Ngampilan, Wirobrajan, Mantrijeron, Tegalrejo, Jetis.

Sleman:
Gamping, Depok, Mlati, Ngaglik, Sleman, Ngemplak, Turi, Pakem, Tempel, Moyudan, Minggir, Seyegan, Godean, Prambanan.

Kulon Progo:
Samigaluh, Girimulyo, Nanggulan, Kalibawang.

Gunungkidul:
Semin, Ponjong, Karangmojo, Ngawen, Gedang Sari, Nglipar, Wonosari, Patuk, Semanu.

 

Sumber : detik.com