Kominfo Ungkap Kondisi Jelang Penghentian Operasi Indosat M2

By PUBinfo Redaksi 25 Nov 2021, 10:32:24 WIB | dibaca : 56 pembaca

Kominfo Ungkap Kondisi Jelang Penghentian Operasi Indosat M2

Ilustrasi. Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo beberkan kondisi terkini jelang pemberhentian operasional Indosat M2 di akhir November 2021. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo beberkan kondisi terkini jelang pemberhentian operasional Indosat M2 di akhir November 2021.

Dalam pertemuan dengan pihak Indosat M2 atau IM2, Kominfo menyebut bahwa ketidakmampuan beroperasi perusahaan terkait teknis, sumber daya manusia, dan keuangan.

"Kondisi IM2 secara teknis, sumber daya manusia, dan keuangan sudah tidak dapat beroperasi dan IM2 akan berhenti beroperasi secara total pada akhir bulan November 2021." ungkap Dedy Permadi, Juru Bicara Kominfo lewat keterangan tertulis, Kamis (25/11).

Para pemegang saham IM2 diminta untuk membantu pengalihan pelanggan dan pemenuhan hak pelanggan. Kini, tercatat masih ada 50 ribu pelanggan layanan IM2.

Perusahaan menegaskan komitmen untuk melindungi kepentingan pelanggan layanan-layanan Indosat M2 atau IM2 termasuk layanan broadband Indosat GIG.

"Pihak IM2 telah menyerahkan rencana mitigasi terhadap eksekusi Putusan MA 787/2014 yang meliputi upaya perlindungan konsumen, komunikasi, dan koordinasi dengan pihak terkait termasuk Kementerian dan Lembaga yang berwenang sesuai ketentuan yang berlaku," ungkap Deddy.

Secara umum Kominfo juga menyatakan tengah mengawal proses penghentian operasional bisnis IM2.

Sebelumnya, pada Indosat M2 juga mengumumkan pemberhentian operasional Indosat GIG. Melalui sebuah keterangan resmi yang beredar 19 November 2021.

Dalam surat pemberitahuan, perusahaan menyebut tak lagi menjalankan aktivitas bisnis secara menyeluruh paling lambat 25 November 2021.

Di sana tertulis bahwa pemberhentian operasional terkait kewajiban perusahaan untuk membayar Uang Pidana Pengganti sebesar Rp1,3 triliun, merujuk pada putusan Mahkamah Agung No. 787 K/PID.SUS2014.

"Tidak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada pelanggan GIG atas kontribusi dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami," tulis surat keterangan tersebut.

Indosat GIG sendiri merupakan layanan internet broadband yang diperkenalkan Indosat sejak tahun 2016. Sementara itu, dilansir dari situs resmi Indosat M2 lahir tahun 1996 dan mulai beroperasi pada tahun 2000.

 

Sumber : cnnindonesia.com