Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kota Magelang Jawa Tengah

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Visi dan Misi

Visi dan Misi Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kota Magelang

Visi

Terwujudnya Pelayanan Ketenagakerjaan, Ketransmigrasian dan Kesejahteraan Sosial yang mandiri, sejahtera,  dan berkeadilan

Pelayanan Ketenagakerjaan

Upaya pemberian kemudahan administrasi dan birokrasi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku kepada tenaga kerja pada waktu sebelum, selama dan sesudah masa kerja.

Pelayanan Ketransmigrasian

Upaya Pemerintah memberikan kemudahan administrasi dan birokrasi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku untuk calon transmigran pada waktu sebelum, selama dan sesudah pemberangkatan transmigrasi

Pelayanan Kesejahteraan Sosial

Upaya yang terarah, terpadu, dan berkelanjutan yang dilakukan Pemerintah dan Masyarakat guna memenuhi kebutuhan dasar yang meliputi rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan perlindungan sosial.

Mandiri

Membangun daya pikir kita untuk tidak tergantung pada orang lain/ pemerintah dengan sepenuhnya.

Sejahtera

Tercukupinya kebutuhan dasar manusia  sehingga dapat hidup layak yang mengarah pada peningkatan kualitas hidup, bermartabat, dan mampu memberdayakan diri

Berkeadilan

Tidak membedakan antara satu dengan lainnya dan dapat memberikan hak yang sesuai dengan kebutuhannya tanpa merugikan yang lainnya.

Misi

Berdasarkan  Visi Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial  tersebut di atas maka Misi Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial  kota Magelang sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, terampil, kreatif, inovatif dan memiliki etos kerja yang tinggi ;
  2. Meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja dan masyarakat ;
  3. Mendorong perluasan kesempatan kerja dan penempatan tenaga kerja ;
  4. Mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan dan bermartabat;
  5. Mewujudkan jaminan kepastian hukum di bidang ketenagakerjaan menjadi institusi andalan untuk menciptakan suasana nyaman dan produktif ;
  6. Mewujudkan masyarakat transmigran yang sejahtera dan mandiri;
  7. Mewujudkan kesejahteraan sosial melalui pencegahan dan pengendalian permasalahan sosial;
  8. Meningkatkan pelestarian nilai-nilai kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial.

Tugas Fungsi Organisasi SKPD

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 4 tahun 2008 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kota Magelang mempunyai tugas pokok "Membantu Kepala Daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan, ketransmigrasian dan sosial."  Dari struktur organisasi, sesuai dengan Peraturan daerah nomor 4 Tahun 2008, tugas pokok dan fungsi serta uraian tugas pejabat eselon II dan III pada SKPD  Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kota Magelang adalah sebagai berikut  :

Tugas Pokok dan Fungsi Disnakertransos :

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial mempunyai tugas pokok membantu Walikota dalam melaksanakan urusan bidang ketenagakerjaan, transmigrasi, dan sosial. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial mempunyai fungsi :

  1. Perumusan rencana dan kebijakan teknis di bidang tenaga kerja, transmigrasi dan sosial.
  2. Pengkoordinasian dan pengarahan dalam penyusunan program, pengelolaan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian dinas.
  3. Pengawasan, pengendalian dan pembinaan teknis atas pelaksanaan tugas pokoknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap pelaksanaan operasional di lingkup tugasnya.

Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat :

Sekretaris mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial dalam melaksanakan penyusunan program, pengelolaan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian di lingkungan Dinas.  Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud di atas, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial mempunyai fungsi :

  1. Pengkoordinasian bidang-bidang dalam rangka penyusunan rencana strategis, program dan kegiatan serta penyusunan laporan tahunan dinas.
  2. Penyusunan program dan kegiatan di lingkungan sekretariat.
  3. Pelaksanaan pengelolaan urusan keuangan, umum dan kepegawaian dinas.
  4. Pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan dinas.
  5. Pengawasan dan pengendalian program dan kegiatan dinas.

Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja :

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja mempunyai tugas membantu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial dalam melaksanakan kegiatan bidang penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja mempunyai fungsi:

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan bidang penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja.
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegiatan bidang penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja.
  3. Pelaksanaan kegiatan bidang penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja.
  4. Pembinaan dan pengendalian program dan kegiatan bidang penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja.

Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Hubungan Kerja dan Pengawasan Ketenagakerjaan :

Kepala Bidang Hubungan Kerja dan Pengawasan Ketenagakerjaan mempunyai tugas membantu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial dalam melaksanakan kegiatan membina hubungan kerja, kesejahteraan tenaga kerja dan pengawasan ketenagakerjaan. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Bidang Hubungan Kerja dan Pengawasan Ketenagakerjaan mempunyai fungsi

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan bidang hubungan kerja dan pengawasan ketenagakerjaan.
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegiatan bidang hubungan kerja dan pengawasan ketenagakerjaan.
  3. Pelaksanaan kegiatan bidang hubungan kerja dan pengawasan ketenagakerjaan.
  4. Pembinaan dan pengendalian program dan kegiatan bidang hubungan kerja dan pengawasan ketenagakerjaan.

Tugas Pokok dan Fungsi bidang Transmigrasi :

Kepala Bidang Transmigrasi mempunyai tugas membantu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial dalam melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan peningkatan pelayanan ketransmigrasian. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Bidang Transmigrasi mempunyai fungsi:

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan bidang transmigrasi.
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegiatan bidang transmigrasi.
  3. Pelaksanaan kegiatan bidang transmigrasi.
  4. Pembinaan dan pengendalian program dan kegiatan bidang transmigrasi.

Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Sosial :

Kepala Bidang Sosial mempunyai tugas membantu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial dalam melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan peningkatan pelayanan dibidang sosial. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Bidang Sosial mempunyai fungsi:

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan bidang sosial.
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegiatan bidang sosial.
  3. Pelaksanaan kegiatan bidang sosial.
  4. Pembinaan dan pengendalian program dan kegiatan bidang sosial.

 

Sumber : disnakertransos.magelangkota.go.id


Layanan - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kota Magelang Jawa Tengah

Layanan Publik - Instansi